Rahayu in Palereman. Turut berbelasungkawa atas meninggalnya Dr. Eva Agustinawati, S.Sos., M.Si. Semoga ia tenang di alam sana.


Kamis, 19 Maret 2020

Temu Alumni FISIP UNS Tahun 2020

Temu Alumni FISIP UNS dengan tema “Merajut Silaturahmi Membangun FISIP UNS” berhasil diselenggarakan pada hari Sabtu (14/03/2020) bertepatan dengan momentum Dies Natalis UNS ke-44. Kegiatan bersama alumni FISIP ini dilaksanakan mulai pukul 07.00-14.00 WIB di kampus FISIP UNS dan Hotel UNS Inn Solo.
Sesuai rundown acara, kegiatan Temu Alumni FISIP UNS ini terbagi dalam dua kegiatan, yaitu kegiatan Alumni Berbagi dan Sarasehan Alumni FISIP UNS. Kegiatan Alumni Berbagi dilaksanakan pada pagi hari dari pukul 07.00-09.00 WIB bertempat di kampus FISIP UNS.

Foto bersama Alumni, Dosen, Wakil Dekan, dan Wakil Rektor

Tampak sejumlah perwakilan alumnus dari tahun 1976 hingga tahun 2000 datang untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Agenda Alumni Berbagi didadakan dengan kegiatan membagikan bingkisan sembako bagi petugas cleaning service dan penjaga kendaraan bermotor di Kampus UNS.
Bingkisan sembako tersebut berasal sumbangan para alumni FISIP UNS yang tersebar di wilayah Indonesia. Bingkisan yang dibagi ada sekitar 200 paket. Paket tersebut berisi antara lain mie instan, minyak goreng, dan sebagainya.

Kegiatan Alumni Berbagi di Kampus FISIP UNS

Menjelang pukul 09.00 WIB para alumni yang hadir di kegiatan Alumni Berbagi ini dipersilakan untuk menuju ke Hotel UNS Inn yang berada di sebelah gedung LPPM UNS. Di sana mereka akan melakukan Sarasehan Alumni dan Keluarga Alumni FISIP UNS.
Kegiatan sarasehan sempat molor hampir satu jam lamanya namun karena para alumni juga memanfaatkan momentum melepas kangen dengan sesama teman kuliahnya, molornya waktu itu tak begitu terasa.

Sambutan Ketua Keluarga Alumni FISIP UNS Drs. Syamsi, M.Si.

Acara sarasehan diawali dengan ucapan selamat datang dari Master of Ceremony kepada para alumni dan tamu undangan yang hadir. Kemudian para hadirin dipersilakan berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu diteruskan dengan menyanyikan lagu FISIP adalah Kita. Usai menyanyikan kedua lagu, hadirin dimohon duduk kembali. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Keluarga Alumni FISIP UNS Drs. Syamsi, M.Si.
Sambutan Dekan FISIP UNS diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Kristina Setyowati, M.Si. Dalam sambutannya, Kristina Setyowati menyampaikan bahwa Temu Alumni FISIP UNS Tahun 2020 ini mengusung tiga misi penting, yaitu Keakraban, Persatuan dan Penguatan Peran Alumni. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan antara alumni lintas angkatan FISIP UNS, agar kedepannya mampu menjadi wahana dalam rangka keberlangsungan Ikatan Alumni FISIP UNS yang kuat dan terjalit erat.

Sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati, M.Si

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. saat menjadi keynote speaker menyampaikan bahwa hubungan baik antara kampus dengan alumni wajib untuk dijaga. Merujuk kepada penyampaian kebijakan baru oleh Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu yang lalu terkait dengan merdeka belajar maka kesempatan baik ini bisa dijadikan ajang untuk bertukar informasi antara kampus yang meliputi mahasiswa dan dosen dengan para alumni yang sudah mengerti kondisi lapangan. Nilai atau Indeks Prestasi Akademik bukan lagi menjadi sesuatu yang krusial dan terkadang hanya sebagai syarat administrasi. Dari pengalaman di lapangan kerja, softskill dan kompetensi merupakan nilai tambah yang banyak diperhitungkan oleh para penerima kerja, baik sector publik maupun swasta.

Keynote Speaker, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UNS

Di akhir sesi sebelum berakhir kegiatan Sarasehan Temu Alumni, para hadirin diajak foto bersama dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS. Kemudian diteruskan dengan pemilihan formatur untuk kepengurusan Keluarga Alumni FISIP UNS periode 2020-2023 yang sebelumnya dipegang oleh Drs. Syamsi, M.Si.
Sedianya formatur tersebut akan melakukan pembentukan kepengurusan yang baru dalam rangka reorganisasi Keluarga Alumni FISIP UNS, akan tetapi mengingat waktu yang terbatas dan mereka masih kepengin berkangen-kangenan akhirnya ditunda untuk pemilihannya. Para formatur yang terdiri dari perwakilan per angkatan itu akan mengadakan komunikasi terlebih dahulu dengan para koordinatir di masing-masing jurusan berdasarkan angkatannya masing-masing. Hasilnya baru bisa menjadi aspirasi dari masing-masing angkatan untuk menentukan para calon pengurus yang baru. (BEK)

0 komentar:

Posting Komentar